Serangga Memiliki Sistem Peredaran Darah Seperti Apa?

  • Whatsapp
serangga memiliki sistem peredaran darah

Serangga merupakan makhluk kecil yang ternyata memilik sistem peredaran darah yang cukup rumit. Jadi serangga memiliki sistem peredaran darah terbuka. Lalu apa itu sebenarnya sistem perederan terbuka?

Mengenal Sistem Peredaran Darah pada Serangga

Tadi sudah disebutkan bahwa sistem peredaran darah pada serangga adalah sistem peredaran darah terbuka. Hal ini tentu berbeda dengan manusia, yang memiliki sistem peredaran darah tertutup.

Lalu apa itu sebenarnya peredaran darah terbuka? Jadi sistem peredaran darah ini artinya serangga tidak memiliki pembuluh darah seperti vena, kapiler maupun arteri. Tapi cairan hemolimfa tetap dapat mengalir bebas ke seluruh jaringan tubuh.

Darah Tidak Akan Mengalir Meskipun Sudah Dipotong 

Hal tadi di atas menyebabkan serangga tidak akan mengalirkan darah ataupun mengalami pendarahan ketika sudah dipotong. Hal ini dikarenakan sistem peredaran, dan sistem pernapasannya terpisah.

Jadi ini berbede dengan manusia, yang sistem pernapasan dengan peredaran darahnya masih saling berkaitan. Hal ini dikarenakan darah pada tubuh manusia mempunyai tugas untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Cairan hemolimfa sendiri dapat tetap mengalir atau diedarkan dengan menggunakan bantuan jantung supaya dapat mencapai seluruh tubuh. Perlu diketahui bahwa cairan darah dan hemolimfa itu berbeda, karena serangga tidak memiliki darah tapi mempunyai hemolimfa.

Pernapasan dan Peredaran Darah Berbeda 

Seperti yang tadi dikatakan bahwa pernapasan, dan peredaran darah pada serangga itu berbeda. Hal ini dikarenakan serangga tidak membutuhkan darah untuk mengangkut oksigen, hal yang dibutuhkan ada hemolimfa.

Kandungan hemolimfa ini hampir sama dengan darah, terkecuali untuk bagian oksigennya. Hemolima ini dialirkan ke seluruh tubuh serangga melalui jantung, yang letak dari jantung tersebut adalah di bagian perut.

Jadi itulah tadi penjelasan tentang serangga memiliki sistem peredaran darah terbuka yang ternyata sangat berbeda dengan manusia. Hal itu juga yang menyebabkan serangga tidak berdarah meskipun sudah dipotong.

Dari sekian banyak serangga, salah satu jenis serangga yang paling sering kita jumpai di rumah ialah rayap. Meskipun serangga ini kecil, tapi sifatnya yang merusak membuat rayap banyak dibasmi. Jika di rumah kamu ada serangga rayap, segera panggil jasa anti rayap untuk membantu kamu membasmi rayap.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *